Tuesday, June 23, 2015

Distro Linux Buatan Indonesia

Distro Linux Buatan Indonesia - Distribusi linux atau dikenal juga dengan sebutan distro linux, adalah sebuah sistem operasi komputer keturunan dari keluarga unix. alasan disebut keluarga unix adalah karna pada pembuatan distro linux sendiri dibuat menggunakan source code yang berasal dari sistem operasi linux UNIX. sistem yang digunakan pada distro linux sama sama menggunakan kernel linux, ini lah mengapa distro linux disebut anak atau keturunan dari linux UNIX



linux sendiri adalah sistem operasi berbasis open source, yang berarti sistem operasi ini gratis dapat digunakan oleh siapapun FREE. Berbeda dengan windows yang berbasis close source atau bisa dibilang sistem operasi berbayar. Sistem operasi pada linux dibuat gratis open source yang sumbernya dapat dilihat dan ditiru oleh siapapun sehingga perkembangannyapun sangat pesat bahkan ada sangat banyak sekali saat ini distribusi distribusi turunan dari linux tersebut.

Indonesia adalah salah satu negara pengembang linux yang tak kalah saing dengan negara lain, pasalnya di indonesia sendiri juga sudah banyak terciptanya distro distro linux yang terkenal seperti BlankON, Garuda OS, dan lain lain, distri linux ini berkembang dan tentunya bukan hanya sekedar sistem operasi namun distro linux buatan indonesia ini juga memiliki tujuan untuk menjadikannya sebagai jalur komunikasi dimasyarakat. Distro linux juga diharapkan mengurangi maraknya terjadi pembajakan pada software di negeri ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang distro distro linux buatan indonesia, yang tentunya tidak kalah saing dengan buatan luar negeri.


Distro Distro Linux Buatan Indonesia :

Garuda OS
kreasi lokal yang diturunkan dari PCLinuxOS(varian Mandriva). GARUDA ditujukan untuk para pengguna komputer yang saat ini masih terikat dengan perangkat lunak bajakan / ilegal dan ingin mencari penggantinya yang legal dan tentu saja ekonomis.

BlankON
berbasis Fedora Core yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Tujuan pengembangan BlankOn Linux adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerja sama dengan UNESCO dan komunitas Linux lainnya telah mengembangkan BlankOn Linux 1.0 ini menjadi sistem operasi yang lengkap berbasis Fedora Core 3 yang memanfaatkan software open source.
Bijax
sistem Linux sendiri yang dikembangkan pada mulanya berdasarkan linuxfromscratch. Bijax dapat dibuat untuk promosi linux, bisa juga digunakan bagi yang mau kenal linux, tapi enggak mau install, distro ini tidak mendukung jaringan.

Singkong Linux
Singkong Linux is simple and traditional Linux distribution, based on Slackware. Singkong means cassava in English.I like cassava. Simple and delicious.”
Distro Linux ini berbasis Slackware Linux dan menggunakan desktop Xfce, dengan berbagai aplikasi Office, multimedia, graphics, development tools, network tool, wine, database, dan game. Semua itu dalam satu CD.


InulLinux
sebuah distro berbasis MoviX, live CD yang akan langsung menjalankan MPlayer setelah booting, khusus edisi ini menampilkan video klipnya Inul bergoyang ngebor….

Kuliax
adalah distribusi sistem GNU/Linux untuk pendidikan di Universitas, khususnya Program Studi Teknologi Informasi atau yang berhubungan seperti Teknik Elektro (TE) konsentrasi Sistem Komputer dan Informatika, Teknik Informatika (TF), Ilmu Komputer (IK), dan lain-lain.

DewaLinux
merupakan Distribusi Linux hasil re-master dari distro Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon, yang dikemas lebih “user friendly” sehingga memudahkan untuk pengguna baru Linux yang telah terbiasa dengan windows.

Sinau
merupakan distro Linux yang berkarakter kuat dan cerdas seperti motto FKIP UNS. Apabila anda menginstall distro Sinau ini pada PC atau Laptop anda, maka secara otomatis akan terinstal benyak aplikasi di bidang Pendidikan. Jadi distro ini sangat baik dan cocok untuk digunakan di kalangan pelajar dan mahasiswa juga guru dan dosen.

Waroeng IGOS
diprakarsai oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Warnet Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara dan Universitas Gunadarma.
Aplikasi ‘Waroeng IGOS’ mencakup kebutuhan aplikasi warnet 1 server untuk 3-10 klien, PC desktop, aplikasi office, web browser, mail server serta manajemen dokumentasi. Khusus untuk aplikasi office, dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung.


Lunix Ampera
adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Digital Kreasi. Tujuan pembuatan linux ampera ini adalah untuk memperkenalkan apa dan bagaimana linux itu. CD Linux Ampera 2 ini di-remaster dari distribusi linux Knoppix dengan penambahan/pengurangan aplikasinya, serta dibuat bernuansa Ampera.

RimbaLinux
dilatarbelakangi minimnya distro buatan Indonesia, minimnya semangat kerjasama dalam komunitas Linux Indonesia, dan belum ada distro yang mewakili identitas Indonesia, maka distro Rimbalinux dibuat sebagai distro Linux desktop ringan yang bisa dikembangkan (expandable lightweight linux desktop distribution).


EmoticonEmoticon